felt indonesia

Kain Felt merupakan sebuah kain yang sangat berperan penting bagi dunia industri di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Sudah banyak industri yang memakai kain ini sebagai bahan tambahan untuk produknya sebut saja, industri musik, fashion, dll.

Tetapi tak sedikit orang yang tahu mengenai sejarah kain ini. Untuk itu lah dalam kesempatan ini kami akan membahas sejarah singkat tentang kain flet. Untuk itu mari kita bahas sejarahnya.

Sejarah Singkat

Kain Felt dalam sejarahnya sudah melintas diberbagai negara. Hal ini juga yang menyebabkan adanya penyebutan yang berbeda ditiap negara yang menggunakan kain ini. Orang-orang Eropa menyebutnya flannelette. Orang Prancis menyebutnya Flanelle. Kata Flet sendiri diambil dari “wet felting” yaitu proses pembuatan pada kain ini.

Dalam sejarah peradapan manusia, kain ini merupakan sebuah kain yang tertua melebihi kain rajut dan tenun. Meskipun ada bukti arkeologi dari British Museum yang menunjukkan bahwa bahan benang yang pertama kali dikenal oleh manusia dibuat dengan mengangin-anginkan serat sayuran di tempat yang tinggi.

Di Turki, bekas-bekas penggunaan kain flet yang telah ditemukan diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM. Jenis kain ini yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M.

Pada jaman dahulu penggunaan material flet digunakan dalam industri otomotif untuk mengurangi getaran pada panel interior, untuk melapisi bagian atas meja biliar serta untuk membantu menghasilkan suara yang bersih pada simbal drum atau pada piano. Sejak pertengahan abad ke 17 sampai dengan sekarang kain felt juga digunakan sebagai bahan pembuat topi para pria.

Kini, kain flet banyak dikreasikan pada banyak produk yang bernilai lebih tinggi dari sebelumnya. Trend yang berkembang dalam masyarakat semakin melahirkan bermacam produk dikombinasikan dengan hiasan kain flanel.

Felt di Indonesia

Di Indonesia kain flet sangatlah banyak digunakan diberbagai industri-industri. Ini dikarenakan manfaatnya yang sangat bagus sekali untuk industri-industri di Indonesia.

Mengenal kain Flanel yang beredar di Indonesia. Di banyak toko bahan kerajinan tangan indonesia, kain flanelnya rata-rata memiliki kesamaan karakteristik, yaitu :

  • Tebal = 0.9 – 2 mm
  • Bidang kain = 96 cm
  • Umumnya dijual eceran, dengan berbagai ukuran : +/- 23 x 25 cm (1 m digunting menjadi 16 potong); Dijual meteran mulai 0.25m.
  • Jenis kainnya Mudah berserabut.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai bahan atau kain felt