geo textile non woven

Geo Textile merupakan suatu bahan sintetis permeable yang terbuat oleh bahan tekstil  polimer seperti polyester atau polypropylene. Bahan ini sangatlah berguna untuk dunia industri di Indonesia. Untuk dipakai dalam memisahkan, menyaring, memperkuat, melindungi dan menguras jika digunakan didalam tanah. Geotextile memisahkan tanah mendasari permukaan.

Banyak yang mengetahui bahwa Geo Textile hanya 1 tipe saya yaitu Non Woven padahal sebenarnya bahan ini ada dua macam yaitu Geo Textile Woven dan Geo Textile Non Woven. Untuk mengtahui lebih lengkapnya dan apa perbedaanya mari kita bahas bersama-sama.

Geo Textile Woven

Tipe ini merupakan jenis Geotextile yang teranyam. Bahan dasar untuk pembuatannya umumnya Polypropilene (PP). Untuk mempermudah visualisasi, Geotextile Woven ini mirip dengan karung beras (bukan yang terbuat dari bahan goni) tetapi berwarna hitam.

Fungsi Geotextile Woven yaitu sebagai bahan stabilisasi tanah dasar (terutama pada tanah dasar lunak), dikarenakan Geotextile jenis ini mempunyai tensile strength (kuat tarik) yang lebih tinggi dibandingkan dengan Geotextile Non Woven ( kurang lebih sekitar 2 kali lipat untuk gramasi atau berat per m2 yang sama).

Geo Textile Non Woven

Jika Geo Textile Woven itu teranyam sebaliknya Geo Textile Non Woven itu tidak teranyam berbentuk seperti karpet kain. Biasanya bahan dasarnya terbuat dari bahan polimer Polyesther (PET) atau Polypropylene (PP). Fungsi Geotextile Woven adalah membrane effect, yang hanya mengandalkan tensil strength, sehingga tidak mereduksi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) akibat tanah dasar yang lunak atau kurang baik.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda dalam pemahaman Geo Textile