Tehnik quilting menjadi salah satu tehnik yang digunakan untuk industri kerajinan tangan dan beberapa diantaranya digunakan untuk industri rumahan. Tehnik quilting sendiri terdiri dari 3 lapisan kain yang disatukan yaitu lapisan atas, tengah dan bawah menjadi satu dari potongan kain tersebut.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari quilting diantaranya adalah:

Munculnya Usaha Rumahan

Dengan adanya tehnik quilting di Indonesia membantu munculnya usaha rumahan dalam membuat berbagai macam kerajinan tangan. Dari sinilah banyak bermunculan ide ide yang baru untuk membuat kerajinan tangan seperti karpet, sarung bantal, pakaian, selimut, keset, hiasan dinding, dan sprei. Dari hasil itulah mereka memperoleh keuntungan untuk diperjualbelikan sebagai produk kerajinan tangan.

Sebagai Peluang Usaha

Membuat kerajinan tangan dari hasil quilting membuktikan bahwa quilting ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha bagi mereka yang memiliki kemauan untuk belajar dalam membuat kerajinan tangan sehingga mampu menghasilkan keuntungan dari hasil kerajinan tangan yang mereka buat untuk diperjualbelikan. Baik itu usaha konvensional maupun online bisnis di internet untuk membuka online shop.

Terbukanya Lowongan Pekerjaan

Dengan adanya usaha mandiri seperti ini maka dapat dipastikan juga munculnya lowongan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan. Dan sudah dipastikan jika usaha tersebut merupakan usaha rumahan maka home industri tersebut membutuhkan calon para pekerjanya adalah warga sekitar lingkungan tersebut. Dengan begini ada dua kemungkinan yaitu mendirikan usaha rumahan sendiri atau menjadi pekerja usaha rumahan tersebut untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan dari tehnik quilting.

Dengan adanya tehnik quilting di Indonesia membantu orang orang dalam mengembangkan ide kreatifitasnya dalam menciptakan berbagai bentuk produk kerajinan tangan yang dapat diperjualbelikan.