Kelebihan dan Kelemahan Polyester Fiber

Polyester fiber merupakan suatu kemajuan dalam perkembangan bahan tekstil yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1941 hingga saat ini. Dari masa ke masa sudah begitu banyak peran besar polyester fiber ini sebagai bahan baku industri industri dunia. Ditemukan oleh Whinfield dan Dickson polyester fiber ini mempunyai kelebihan dan kekuranganya sebagai berikut:

KELEBIHAN POLYESTER FIBER

Sifat serbagunanya inilah membuat polyester fiber menjadi populer di dunia industri. Sebagai bahan dasar membuat pakaian, polyester fiber memiliki kelebihan yang tahan lama, cepat kering, tidak mudah melar, dan tidak mudah kusut apabila dicuci serta tahan terhadap bakteri, jamur dan air.

Selain pakaian, polyester fiber juga dapat digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga, perangkat komputer dan kendaraan bermotor. Polyester fiber juga tahan terhadap bahan kimia dan pelarut organik.

Untuk perkakas atau alat rumah tangga polyester fiber dapat dijadikan alternatif selain keramik dan kaca.

KELEMAHAN POLYESTER FIBER

Selain memiliki banyak kelebihan, polyester fiber juga mempunyai kelemahan tidak tahan terhadap suhu panas dan mudah terbakar serta memiliki dampak kurang baik untuk kesehatan apabila digunakan secara terus menerus sebagai tempat makan atau air minum yang sudah digunakan berulang kali oleh penggunanya.

Jika ingin menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan polyester fiber dianjurkan pada saat musim dingin atau ditempat ruangan ber-AC. Karena sifatnya yang mudah terbakar tidak cocok digunakan saat musim panas.

Selain itu pakaian yang terbuat dari serat polyester fiber ini tidak bisa meresap keringat dan bagi yang mempunyai kulit sensitif dan muda alergi, bahan polyester fiber ini dapat mengakibatkan iritasi kulit. Memiliki tekstur yang halus dan licin bukan berarti bagus untuk kulit.