Benang Polyester Fiber

Polyester Fiber merupakan kategori polimer yang terdiri dari Polyethylene Terephthalate (PET) dan MEG. Polyester adalah polimer sintetik yang terbuat dari PTA dan MEG. Benang Polyester  adalah produk utama dalam kategori poliester. Hampir 40% dari produksi dunia poliester langsung digunakan untuk membuat Polyester Benang.

Penggunaan utama dari Polyester yaitu di bidang Tekstil untuk membuat benang. Polyester dalam bentuk yang berbeda difungsikan secara luas dalam aplikasi tekstil untuk membuat polyester (PET) resin dan Filament Yarn seperti sebagian Berorientasi Benang (POY), Polyester bertekstur Benang (DTY), Polyester Full Benang (FDY), Polyester Staple Fiber (PSF ), Polyester Spun Benang (Psy) dan Mono Benang filamen.

Untuk lebih jelasnya benang Polyester yang biasanya diproses antara lain sebagai berikut:

Semi Dull

Benang ini merupakan jenis Polyester yang berwarna putih dan agak buram dengan kandungan titanium dioksida (TiO2) 0,35% dan zat warna yang digunakan pada proses dyeing yaitu zat warna dispersi.

Full Dull

Benang ini merupakan jenis polyester yang berwarna putih dan lebih buram dengan kandungan titanium oksida (TiO2) 2% dan zat warna yang dapat digunakan pada proses dyeing adalah zat warna dispersi. Full Dull lebih kuat meyerap dan mengikat zat warna dibandingkan dengan Semi Dull sehingga effec setelah dyeing benang full dull kelihatan lebih gelap ( dark ) dari semi dull.

Bright

Benang ini adalah jenis polyester yang berwarna bening dan mengkilap dengan kandungan titanium dioksida ( TiO2) 0%, apabila benang dari jenis polyester bright dilakukan proses dyeing maka effec hasil pada dyeing berwarna cerah ( Light ) serta mengkilap.

Cationic

Merupakan polyester berwarna putih bersih. Cationic merupakan jenis polyester yang menggunakan zat sodium Bi Sulfonat yang tidak dapat bereaksi dengan zat warna cationic seperti maxilone blue.

Dop Dyed

Merupakan jenis polyester yang sudah berwarna dengan menggunakan zat warna estofil pada proses pembuatan chips, sehingga benang Dop Dyed tidak mudah luntur.