Kain Felt

Kain felt atau sering kita kenal dengan kain flanel adalah kain yang bertekstur lembut dan kaya akan warna. Kain ini adalah kain non-tenun yang diproduksi dengan cara menganyam, dikondensasi dan mengepress serat wol. Kain ini bisa dibentuk menjadi kain yang lembut hingga bahan yang kuat dan digunakan sebagai bahan konstruksi. Kain ini juga bisa dibentuk menjadi banyak bentuk karena teksturnya yang kuat tetapi lentur.

Karena sangat fleksibel penggunaannya, terdapat beberapa hal yang menyebabkan bahan felt menjadi berharga di dunia industri di Indonesia. Berikut adalah kegunaan dan manfaat kain felt atau flanel dalam industry.

Dalam Industri Otomotif

Bahan felt seringkali digunakan untuk membuat mobil.  Kain felt digunakan untuk meredam getaran yang terjadi di antara panel interior. Kain ini juga digunakan untuk mencegah kotoran dan debu masuk ke celah-celah konstruksi mobil. Selain itu, untuk melindungi body mobil, kain felt digunakan pada bagian bawah mobil.

Dalam Industri Alat Musik

Bahan felt juga sangat berguna di dunia pembuatan alat musik. Flanel digunakan di bagian dalam piano yang terbuat dari kayu. Felt digunakan untuk membalut palu kayu untuk memukul senar-senar pada bagian dalam piano. Felt digunakan karena merupakan bahan yang padat dan memiliki sifat pegas yang cocok untuk menciptakan nada. Selain itu bahan felt digunakan pula untuk membalut bass drum dan palu timpani. Felt digunakan untuk melindungi simbal pada stand cymbal drum dan memastikan suara yang diciptakan jernih.

Dalam Industri Kerajinan

Pada industri kerajinan, kain felt digunakan secara sangat luas. Ada banyak sekali kerajinan yang bisa dibentuk dari kain flanel. Kain felt bisa digunakan untuk membuat mainan seperti boneka. Kain ini bisa pula digunakan untuk membuat aksesoris mulai dari bando, pita, jepit rambut, bros, emblem, pin, gantungan kunci, dan banyak lainnya. Bahkan kain flanel seringkali digunakan untuk membuat hiasan pada barang fashion atau bahkan barang fashion itu sendiri. Mulai dari topi, hiasan pada kaos, hiasan pada topi dan lain-lain. Belakangan ini juga marak yang menjual hiasan kamar, huruf-huruf, tatakan gelas, hiasan pohon natal dan banyak lagi benda yang bernilai jual tinggi.