dacron indonesia

Orang – orang Eropa memanfaatkan bulu angsa untuk membuat bantal sementara masyarakat Indonesia lebih banyak emmanfaatkan serat kapuk untuk mengisi bantal. Baik bulu angsa dan kapuk sama – sama empuk dan memiliki unsur kenyamanan. Seiring dengan perkembangan teknologi, orag membuat serat sintesis sebagai pengganti kapuk dan bulu angsa, salah satunya adalah dacron. Saat ini di pasaran terdapat berbagai macam jenis dacron dengan kualitas yang berbeda – beda. Sebagian merupakan serat yang mudah patah sehingga serpihannya dapat menimbulkan debu dan menjadikan alergi bagi sebagian orang. Dacron selain digunakan untuk isi bantal juga digunakan untuk pembuatan isi boneka, guling, bed cover, furniture, dan produk lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis dacron yang dapat Anda jumpai di pasaran

Siliconized Polyster Fiber

Siliconized polyester fiber atau serat polyester silikon merupakan jenis dacron terbaik yang ada saat ini. Dacron ini memiliki serat – serat yang daya kembangnya tinggi. Ciri – ciri dacron ini adalah memiliki serat halus, berwarna putih, dan bobotnya ringan tetapi sangat mengembang. Oleh sebab itu sangat empuk dipakai. Jika digunakan untuk isi bantal, bantal akan terasa sangat empuk dan lembut. Produk ini memiliki kualitas yang bagus dengan harga bersaing. Serat polyester silikon adalah bahan yang paling diminati.

Silicon

Jenis dacron yang satu ini sangat populer di masyarakat. Dacron jenis silicon itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu kelas 1 dan kelas 2 atau grade B. Silicon kelas 1 memiliki serat yang sangat halus dan warnanya putih bersih. Sementara itu silicon grade B warnanya agak kehitaman. Silicon kelas dua harganya jauh lebih murah daripada yang silicon kelas 1.

Dacron Reguler

Jenis dacron ini bahan bakunya adalah recycle. Seratnya memiliki tekstur yang agak kasar dan kualitasnya di bawah dacron silicon maupun dackron polysester fiber. Bahan ini kurang bagus jika digunakan untuk bahan isi bantal, boneka, bed cover, dan furniture lainnya karena sifatnya yang kurang lembut dan tidak mengembang. Jenis dacron ini tentu saja merupakan yang paling murah di pasaran.